Sharing Tesis S2: Pengelompokan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa Menggunakan Fuzzy C-Means

Judul: Pengelompokan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa Menggunakan Fuzzy C-Means
Tahun Terbit: 2014
Level: Pascasarjana (S2)
Jurusan: Teknik Informatika
Penulis: Nur Cholikul Anwar
Link Download: Klik Disini
Abstrak:
Dosen merupakan salah satu komponen yang penting dalam suatu sistem pendidikan perguruan tinggi. Dosen merupakan seorang ilmuwan dan pengajar/pendidik profesional yang memiliki tugas mengembangkan IPTEK dan kesenian serta menyampaikan ke khalayak luas dengan jalur mendidik, meneliti dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kinerja seorang dosen dapat menjadi indikator kualitas implementasi tridharma perguruan tinggi. Dosen dapat dikatakan memiliki kinerja yang baik jika dosen yang bersangkutan memiliki beberapa kompetensi yang wajib dimiliki yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi dalam sosialisasi yang sangat diperlukan dalam proses penelitian, pendidikan, dan pengabdian ke masyarakat. Dengan banyaknya data EDOM yang didalamnya berisi informasi dosen yang mengajar pada mata kuliah tertentu di banyak jurusan dan program studi menyulitkan analisa pengelompokan (clustering) data EDOM yang digunakan untuk membuat sebuah kebijakan yang mengakibatkan ketidaktepatan dan terdapat atribut yang cukup banyak sehingga hasil perhitungannya menjadi kabur. Fuzzy C-Means (FCM) adalah salah satu algoritma yang sering digunakan untuk clustering. FCM memperluas gagasan mengenai cluster untuk mengasosiasikan pola dengan setiap cluster menggunakan fungsi keanggotaan dan output dari algoritma tersebut adalah clustering dan bukan partisi. Dari hasil penelitian diperoleh tiga cluster yaitu: Cluster pertama, terdiri dari dosen yang memiliki nilai nilai rata-rata pedagogik sekitar 60,681; nilai rata-rata profesional sekitar 60,021; nilai rata-rata kepribadian sekitar 61,900; dan nilai rata-rata sosial sekitar 63,164. Cluster kedua, terdiri dari dosen yang memiliki nilai nilai rata-rata pedagogik sekitar 72,285; nilai rata-rata profesional sekitar 70,702; nilai rata-rata kepribadian sekitar 72,839; dan nilai rata-rata sosial sekitar 72,579. Cluster ketiga, terdiri dari dosen yang memiliki nilai nilai rata-rata pedagogik sekitar 80,463; nilai rata-rata profesional sekitar 78,637; dan nilai rata-rata kepribadian sekitar 81,102.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Fuzzy C-Means (FCM)

Tugas Di Kota Batam

Tugas Akhir kuliah-ku yang penuh tantangan